Abdimas ke CV. Hinani

Pendahuluan

Latar Belakang

CV Hinani adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengerjaan logam. Didirikan pertama kali oleh Bapak Alm. Hidayat Muchsin pada tahun 1969 dengan 3 orang karyawan, saat ini CV Hinani telah berkembang menjadi besar dengan lebih dari 100 karyawan dan kapasitas produksi hingga 480.000 buah/tahun. CV Hinani saat ini menempati lahan seluas 6.250 m2 yang beralamat di Jl. Rumah Sakit no. 110, Kelurahan Pakemitan Kecamatan Cinambo Kota Bandung. Mitra CV Hinani terbesar saat ini adalah PT Chitose Tbk. yang memroduksi furnitur kantor berbahan logam dan kayu. CV Hinani saat ini berada di bawah kepemimpinan Bapak Johan Hisbaron dan beliau berencana memoderenisasi tata kelola perusahaan agar memiliki daya saing yang tinggi di era industri 4.0.

 

Masalah yang Dihadapi

Salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah CV Hinani memiliki keterbatasan perangkat untuk mengangkat citra perusahaan di kalangan industri dikarenakan belum memiliki company profile dan situs web yang dibuat secara professional. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membuatkan company profile untuk CV Hinani untuk keperluan pengembangan usaha dalam bentuk media cetak dan situs web dengan framework VIRALS.

Potensi Pemberdayaan Masyarakat Sasar CV Hinani

Sebagai bagian dari industri pengolahan logam saat ini masih memroduksi komponen produk yang perlu dirakit di tempat lain. CV Hinani memiliki kemampuan dan berencana melakukan diversifikasi usaha dan peningkatan kemampuan untuk memroduksi barang jadi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu CV Hinani tampil dan bersaing dengan citra lebih baik.

Metodologi

Metode Pelaksanaan

Kegiatan Pelaksanaan kegiatan ini melalui beberapa tahap yang dapat diuraikan sebagai berikut: 1. Pengumpulan kebutuhan fungsional dan non fungsional dari mitra (CV Hinani) 2. Analisis terhadap kebutuhan 3. Perancangan solusi 4. Implementasi rancangan solusi 5. Pengujian hasil implementasi 6. Serah terima produk 7. Pengukuran indikator keberhasilan dan penutupan.

Partisipasi Mitra

CV Hinani akan berpartisipasi dalam bentuk: 1. Menyediakan akses dan waktu untuk pengambilan gambar dan video terhadap aset dan sumber daya manusia CV Hinani untuk konten company profile 2. Menyediakan daftar kebutuhan fungsional dan non fungsional yang dibutuhkan pada tahap pengumpulan kebutuhan 3. Menyebarkan buku company profile pada mitra-mitra utama 4. Mendorong mitra untuk mengisi buku tamu pada situs web company profile.

Evaluasi dan Keberlanjutan

Bentuk evaluasi dan keberlanjutan dari program ini adalah 1. Evaluasi dengan cara melakukan pertemuan rutin pasca pengabdian masyarakat untuk melihat bagaimana perbaikan yang diperlukan untuk company profile dan web cv. 2. Menjaga keberlanjutan program dengan cara mengkomunikasikan ide, gagasan, dan rancangan company profile berikutnya.

Gambaran Iptek

Langkah-Langkah Pembuatan Konten Website untuk PT. HMS

Langkah pertama untuk pembuat konten situs web adalah mengidentifikasi tujuan perusahaan dan audiens target. Penting untuk mengetahui siapa yang ingin dijangkau oleh perusahaan, apa yang ingin mereka sampaikan, dan mengapa seseorang harus berbisnis dengan mereka. Langkah kedua adalah meneliti pesaing perusahaan serta beberapa pelanggan atau klien terbaik mereka. Ide yang bagus untuk penelitian ini adalah dengan melihat saluran media sosial, blog, dan membaca testimonial dari pelanggan di situs web mereka. Langkah ketiga adalah brainstorming ide konten yang akan beresonansi dengan audiens target dan akan menyampaikan pesan yang akan membantu perusahaan mencapai tujuannya. Brainstorming dapat dilakukan secara individu atau dalam pengaturan kelompok di mana individu dapat berbagi ide dan berkolaborasi dalam menghasilkan ide tentang apa yang dapat mereka tulis.

Hasil Website

Team Abdimas

  1. Dr. Ismail
  2. Yahdi Siradj, S.T., M.T.
  3. Tafta Zani, S.T., M.T.
Back to top button